Sunday, July 26, 2009

Sayur Lodeh



Sayur Lodeh --khas masakan Indonesia yang lezat ini, buatnya mudah saja. Isi Sayur Lodeh ini hampir sama dengan isi sayur asem. Dan kali ini Sayur Lodeh ala Lina.

Siapkan bumbu yg sudah diiris halus : Cabe merah besar 2 bh iris serong (buang biji), Cabe hijau besar 1 bh iris serong (buang biji), Bawang merah 6 bh, Bawang puith 3 bh. Sisihkan. (Sayur Lodeh biasanya berwarna putih, tp kali ini Sayur Lodeh saya berwarna dgn krn campuran 5 cb merah + 2 bw putih yg dihaluskan)

Siapkan pula, daun salam + lengkoas secukupnya, garam, gula merah dan ebi yang telah telah dihaluskan secukupnya dan santan dari ½ bt kelapa.

Cara memasak:

Tumis bumbu halus dgn minyak sedikit setelah harum, masukan lengkoas + daun salam, setelah teraduk rata masukkan santan cair lalu semua bumbu iris, lalu biarkan mendidih.

Masukkan sayuran (yang keras terlebih dahulu) dan ebi (udang kering) masak sampai matang dan masukan gula merah dan garam dan terakhir masukkan daun melinjo masak sampai semua matang. Sajikan sayur lodeh selagi hangat -- sedaapppp euy.

No comments:

Post a Comment